Membuat Rencana Trading (Bagian 5)

Tidak hanya cukup membuat rencana trading, tetapi juga penting untuk melaksanakannya dengan baik. Rutinitas trading adalah kunci untuk mencapai kemajuan dan disiplin dalam trading Anda.


Rutinitas Trading

Melakukan sesuatu secara rutin adalah cara untuk mencapai kemajuan dan disiplin. Meskipun broker Anda mungkin memberikan laporan hasil trading secara detail, penting bagi Anda untuk melakukan evaluasi dengan membuat catatan pada setiap trade. Membuat jurnal trading terpisah dapat membantu Anda melacak kemajuan Anda dari waktu ke waktu dan menghindari kesalahan yang sama.

Beberapa pertanyaan yang dapat membantu memotivasi rutinitas trading Anda adalah:

  1. Apa rutinitas pekerjaan Anda selain trading?
  2. Apakah Anda selalu mengevaluasi hasil trade terakhir?
  3. Apa pertanyaan Anda terhadap hasil trade yang profit?
  4. Apa pertanyaan Anda terhadap hasil trade yang loss?
  5. Apa yang Anda janjikan kepada diri sendiri?

Contoh Jawaban:

Saya adalah seorang trader full-time dan trading adalah pekerjaan rutin saya yang paling penting. Saya melakukan analisis pasar sesuai dengan rencana strategi trading saya dan masuk pasar jika kondisinya memungkinkan. Rencana saya adalah untuk melakukan antara 0 hingga 4 trade per hari tergantung pada sinyal trading yang saya terima. Saya melakukan analisis secara manual untuk entry dan menggunakan skrip otomatis untuk exit.

Saya mengevaluasi hasil trading saya setiap hari untuk memastikan bahwa saya selalu mengikuti rencana dan strategi yang telah saya buat. Saya percaya bahwa dalam trading terjadi distribusi acak antara trade yang profit dan trade yang loss, oleh karena itu saya berusaha untuk menjaga keseimbangan emosi saya.

Saya menghindari perasaan over-confidence saat profit dan menjaga agar tidak terpengaruh oleh emosi negatif saat loss. Saya melakukan evaluasi khusus untuk setiap trade untuk belajar dari pengalaman tersebut. Saya juga memeriksa kondisi emosi saya sebelum masuk pasar dan hanya trading ketika saya benar-benar siap secara mental.

Jika saya melanggar rencana trading saya, saya tidak melakukan trading lagi pada hari berikutnya sampai saya mengetahui alasan di balik tindakan saya. Saya tidak menetapkan target yang tidak realistis, tetapi hanya berusaha untuk menjalankan rencana dan strategi trading saya dengan konsisten dan disiplin.



  1. Rencanakan trading Anda dan laksanakan sesuai dengan rencana Anda.
  2. Jalankan rencana dan strategi Anda dengan konsisten.
  3. Tanpa rencana dan strategi trading yang dievaluasi secara teratur, Anda tidak akan pernah mengetahui kemajuan yang telah Anda capai.

Dengan menjalankan rencana trading Anda secara konsisten dan melakukan evaluasi secara teratur, Anda dapat meningkatkan kemampuan trading Anda dan mencapai tujuan Anda dalam jangka panjang. Disiplin dan konsistensi adalah kunci kesuksesan dalam trading forex.