Strategi Scalping Athalia

Athalia Scalping adalah strategi trading yang menggunakan kerangka waktu (timeframe) 30 menit (TF 30M) dan 5 menit (TF 5M) dengan menggunakan indikator Exponential Moving Average (EMA) periode 5, MACD (12,26,9), dan channel untuk menentukan tren dan sinyal entry dan exit.

Berikut adalah aturan dan strategi secara rinci:

Indikator yang Digunakan:

  1. Exponential Moving Average (EMA) periode 5, diterapkan pada harga tertinggi (High) dengan warna biru.
  2. Exponential Moving Average (EMA) periode 5, diterapkan pada harga terendah (Low) dengan warna merah.
  3. MACD (12,26,9).

Aturan dan Strategi:

  1. Penentuan Trend: Pada TF 30M, melihat jika MACD telah melakukan crossing sebelumnya dan harga mulai menutup di atas upper channel (untuk OP BUY) atau di bawah lower channel (untuk OP SELL).

  2. Konfirmasi Trend: Pada TF 5M, melihat jika MACD telah melakukan crossing sesuai dengan trend yang telah ditentukan. Jika TREND UP, maka OP BUY dilakukan saat harga menutup di atas upper channel, dan jika TREND DOWN, maka OP SELL dilakukan saat harga menutup di bawah lower channel.
  3. Open Position (OP): OP dilakukan pada saat harga menutup di atas upper channel untuk TREND UP, dan menutup di bawah lower channel untuk TREND DOWN, dengan konfirmasi dari MACD pada TF 5M.
  4. Repeat Position (OP Berulang): Jika harga menyentuh upper channel untuk TREND DOWN, atau lower channel untuk TREND UP, dengan MACD masih sesuai dengan trend, maka OP dapat dilakukan kembali.
  5. Exit: Keluar dari posisi dilakukan saat terjadi crossing pada MACD di TF 5M, atau ada perubahan crossing pada MACD di TF 30M. Target minimum adalah 15 poin, dengan batasan maksimal adalah perubahan crossing MACD di TF 5M atau 30M.
  6. Stop Loss: Stop loss ditempatkan 15 poin dari level High atau Low pada candle/bar yang digunakan sebagai entry, yaitu di atas upper channel untuk TREND DOWN, dan di bawah lower channel untuk TREND UP.

Catatan Tambahan (NB):

  • Strategi ini hanya menggunakan kerangka waktu (timeframe) tidak lebih besar dari TF 30M.
  • Teknik scalping ini membutuhkan disiplin dan respons cepat terhadap perubahan tren dan kondisi pasar.

Strategi ini mengutamakan sinyal entry dan exit yang cepat dalam mencari profit kecil dengan risiko terkendali. Pastikan untuk melakukan uji coba dan penyesuaian sesuai dengan preferensi dan gaya trading Anda sebelum menerapkannya secara langsung di pasar.